APA ITU INFORMATIKA

 

BERPIKIR KOMPUTASIONAL

 

Tujuan Pembelajaran

Pada setiap soal dalam bab Berpikir Komputasional ini, terdapat konsep-

konsep Informatika yang dibungkus dalam bentuk soal cerita yang dekat

dengan kehidupan sehari-hari. Secara khusus, pada materi kelas VIII,

kalian akan belajar mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk

menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya

bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya.

Pertanyaan Pemantik

Dapatkah kalian menyebutkan contoh-contoh implementasi konsep

pengenalan pola dan algoritma dalam kehidupan sehari-hari?

Tantangan berpikir pada bab Berpikir Komputasional mencakup berbagai 

konsep Informatika. Tantangan itu disajikan dalam bentuk kasus-kasus karena 

berdasarkan kasus, konsep-konsep tersebut tidak terbatas pada soal-soal yang 

disajikan pada buku latihan saja. Maka, peta konsep yang diberikan pada 

bab ini tidak dapat menggambarkan konsep Berpikir Komputasional secara 

keseluruhan, tetapi terbatas pada materi yang dibahas pada kelas VIII.

Apersepsi

Menurut kalian, bagaimana cara kerja komputer sehingga komputer dapat 

membantu manusia untuk menyelesaikan beberapa masalah dalam kehidupan 

sehari-hari?

Kata Kunci

Berpikir komputasional, penyelesaian masalah, algoritma, representasi data, 

struktur data, sistem bilangan.

A. Fungsi

Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya 

f(x) = 2x + 3. Fungsi f(x) tersebut akan mengubah nilai input x menjadi nilai 

keluaran berdasarkan perhitungan 2x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka 

keluaran dari fungsi tersebut adalah 9 yang didapat dari 2 x 3 + 3.

Dalam kehidupan sehari-hari, kalian dapat melihat contoh penggunaan

fungsi pada penulisan teks lagu. Dengan format penulisan seperti pada Gambar

2.2, bait refrein yang terdiri atas beberapa kalimat tidak perlu diulang-ulang

penulisannya. Ketika terdapat kata “Refren” pada teks lagu, pembaca memahami

bahwa dia perlu mengulang sebagian tertentu dari teks lagu tersebut.

Gambar 2.2 - Struktur Teks Lagu

Contoh lainnya ialah ketika persiapan masuk kelas untuk peserta didik SD.

Misalnya, “persiapan masuk kelas” terdiri atas tiga kegiatan berikut ini: berbaris

di depan kelas, pemeriksaan kuku, masuk kelas sesuai urutan baris. Setiap pagi,

guru hanya perlu mengatakan “persiapan masuk kelas”, peserta didik sudah

memahami bahwa mereka perlu melakukan ketiga kegiatan tersebut.

Contoh lain misalnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli gula.

Kalian pergi ke warung membawa uang dan kalian kembali membawa gula

(dan uang kembalian, jika Bunda memberi uang melebihi harga gula). Karena

kalian sudah SMP dan sudah “teruji” pergi ke warung untuk membeli yang

gula diminta Bunda, Bunda tidak perlu merinci kepergian kalian ke warung.

Yang penting, kalian berangkat dengan membawa uang dan kembali dengan

membawa gula sesuai pesan Bunda, serta uang kembalian jika memang bersisa.

Contoh yang terakhir ini lebih dekat dengan konsep algoritma, dimana Bunda

memberi kalian instruksi untuk membeli gula, dan karena kalian memahami

instruksinya, kalian dapat melakukannya, yaitu “menukar” uang dengan gula.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA ITU INFORMATIKA

APA ITU INFORMATIKA